Thursday, June 16, 2011

manfaaat gelombang elektromagnetik


Sebelum mengetahui apa saja manfaat gelombang elektromagnetik, sebaiknya kita patut tahu apa yang dimaksud gelombang elektromagnetik ??
Gelombang elektromagnetik yaitu rambatan perubahan (getaran) medan magnet dan medan listrik yang saling tegak lurus ke segala arah .
Gelombang elektromagnetik itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis gelombang ::
1. Sinar Gamma ( industri, teknik, kedoteran, dll )
2. Sinar – X ( Diagnosa organ dalam tubuh )
3. Sinar ultraviolet ( Sterilisasi )
4. Sinar Tampak ( untuk membuat alat optik )
5. Inframerah ( Penelitian sruktur atom )
6. Radar ( menentukan jarak/sasaran )
7. Radio ( penyampaian pesan/informasi )
dari ke-7 jenis gelombang tersebut saya akan memberi tahu sedikit tentang cara kerja radio saat menerima gelombang. pertama gelombang radio dari udara diterima melalui rangkaian penala. komponen utama dalam rangkaian ini adalah induktor. setelah di tala lalu masuk ke dalam rangkaian mixer. komponen utama mixer adalah transitor dan osilator. Di sini getaran rendah dari udara di campurkan dengan getaran tinggi dari Osilator melalui Transistor sehingga level sinus getaran menjadi cukup kuat untuk dipisahkan. setelah dicampur lalu dideteksi oleh rangkaian detektor, yang komponennya terdiri atas diode. Rangkaian ini berfungsi untuk memisahkan antara gelombang suara dan gelombang pembawa (Career wave) sehingga gelombang pembawa tidak terbaca oleh rangkaian berikutnya. setelah dideteksi lalu diperkuat dengan penguat daya (Power Amplifier). setelah itu baru suaranya bisa anda nikmati dengan speaker yang berkualitas bagus .

No comments:

Post a Comment